The Elders Scroll Skyrim Background konslet: Cara membuat blog di wordpress hosting sendiri dalam 4 langkah.

Cara membuat blog di wordpress hosting sendiri dalam 4 langkah.

Wednesday, January 16, 2013

Ada 2 cara membuat blog di wordpress. Yaitu di wordpress dot com dan wordpress dot org yang memakai hosting sendiri. Keduanya dijelaskan secara lengkap di blog ini. Namun dalam artikel ini kita akan bahas cara membuat blog di wordpress yang menggunakan hosting sendiri.
Penting : Jangan bingung dengan istilah blog dan website. Artikel cara membuat blog wordpress ini sama halnya dengan “cara membuat website dengan menggunakan wordpress.” (baca juga : perbedaan blog dengan website)

Seperti sudah kita bahas sebelumnya mengenai perbedaan wordpress dot com dan wordpress hosting sendiri dan cara membuat blog di wordpress dot com. Cara membuat blog di wordpress tidaklah sulit. Silahkan simak penjelasannya di bawah ini.
Menggunakan wordpress hosting sendiri mempunyai banyak kelebihan. Diantaranya kita bisa mengatur penggunaan theme dan plugin dengan bebas tanpa ada batasan. Termasuk memasang kode script iklan untuk menghasilkan uang dari blog.
Cara membuat blog yang baik, kita perlu persiapkan dari awal semua hal. Agar kedepannya kita mudah mengoptimasi posisinya di pencarian Google. Salah satunya adalah melakukan keyword research untuk menentukan kata kunci utama yang akan kita target.
Berikut ini 4 langkah mudah cara membuat blog di wordpress yang menggunakan hosting sendiri :
1. Keyword research – Keyword research untuk menemukan keyword / kata kunci. Kata kunci ini untuk menentukan tema blog juga. Lakukan keyword research untuk mendapatkan kata kunci yang mempunyai banyak pencarian dan tingkat persaingannya serendah mungkin. Cara melakukan keyword research akan kita bahas di artikel lain.
2. Beli domain – Domain adalah alamat blog / website anda nantinya. Atau anda bisa baca artikel Pengertian Domain. Pilihlah domain yang mengandung kata kunci yang telah anda pilih pada tahap keyword research. Contoh : jika kata kuncinya : sepatu sport, usahakan domain yang anda beli : sepatusport.com, sepatu-sport.com, jualsepatusport.com, Cara membuat blog di  wordpresstokosepatusport.com dan komposisi yang lain. Jika tidak menemukannya, coba dengan alamat domain selain dot com. Kalau mau beli domain dan sewa hosting yang bisa bayar bulanan atau per 3 bulan.
3. Sewa Hosting – Langkah selanjutnya cara membuat blog di wordpress hosting sendiri, tentu saja adalah sewa hosting. Hosting adalah server online tempat kita menyimpan file-file blog yang memungkinkan sebuah alamat blog bisa dibuka di browser secara online. Anda bisa baca artikelnya disini : pengertian hosting. Biasanya penyedia jasa hosting sudah menyediakan juga domain. Anda bisa membeli domainnya di tempat sewa hosting sekalian. Gunakan google untuk mencari penyedia layanan hosting. Kalau ingin yang murah tapi lumayan bagus layanannya dan berkualitas, cobalah cbwebspace.
4. Install file wordpress – Jika domain dan hosting sudah siap, saatnya upload file wordpress. Biasa disebut Install wordpress. Silahkan download file wordpress versi tebaru di www.wordpress.org. Ada beberapa cara install wordpress. Kita bisa install wordpress di cpanel (online), atau untuk utak-atik wordpress ofline, kita bisa install wordpress di localhost alias offline.

Cukup 4 langkah diatas bagaimana cara membuat blog di wordpress hosting sendiri.

0 comments:

Post a Comment